Tips Memilih Spesifikasi Laptop Gaming Secara Benar

Memilih spesifikasi laptop gaming memang bukan hal yang mudah untuk diterapkan, lebih lagi bagi orang-orang yang masih awam dalam dunia teknologi yang kini semakin berkembang. Mengapa demikian? Ya, karena saya yakin para gamers bahkan gamers sejati sekalipun tidak semuanya mengerti tentang komponen yang pas dan cocok untuk kebutuhan game yang dimainkanya. Maka dari itu disini saya akan berbagi tips kepada Anda semua para gamers yang belum paham betul tentang komponen yang memumpuni untuk digunakan bermain game yang Anda inginkan. Jadi yang paling penting dalam memilih spesifikasi laptop gaming ini adalah pengetahuan dan ketelitian. Jika Anda dapat memilih dengan benar, maka selain bisa digunakan untuk bermain game, laptop gaming juga bisa digunakan untuk hal-hal lain seperti kegiatan multimedia berekstensi berat ataupun hanya sekedar browsing dan kegiatan kantor saja. Jadi, simak betul-betul tips dibawah ini agar Anda semua paham betul apa yang harus diperhatikan dalam memilih spesifikasi laptop gaming ini.

10 hal penting yang perlu Anda pertimbangkan agar tidak salah dalam memilih spesifikasi laptop gaming.

1. Processor

Tips Memilih Spesifikasi Laptop Gaming Secara Benar

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan adalah jenis dan tipe prosesor yang digunakan. Nah, sesuaikan dengan kebutuhan Anda semua. Jika Anda penggemar game-game berat, minimal harus menggunakan Intel® i5 bagi yang ingin menggunakan processor intel. Kemudian untuk para penggunaAMD gunakan minimal seri A10 atau FC series.

Tapi jika game yang ingin Anda mainkan adalah game dengan kategori ringan, Anda bisa menggunakan processor Intel® i3 jika Anda ingin menggunakan produk dari intel. Tetapi jika Anda pengguna AMD, minimal gunakan processor jenis A4 Dual Core itu sudah cukup mumpuni.

Bagi Anda yang ingin performa yang menakjubkan dan lancar saat bermain game berat khususnya, gunakanlah processor yang maksimal. Untuk Intel gunakan Intel core i5 kalau bisa ya core i7. Kemudian untuk AMD gunakanlah processor A10 dan FX Series. Tetapi itu semua tinggal Anda sendiri yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah dana.

Lalu, Apa Bedanya Sih Intel dengan AMD ?

Sebenarnya sama saja sih, tergantung penggunaan dan ketertarikan Anda semua. Tetapi menurut saya sendiri processor Intel sedikit lebih unggul dari AMD karena tidak cepat panas dan lebih hemat daya. Jadi cocok sekali untuk Anda yang maniak dalam bermain game, dengan menggunakan Intel akan menghemat daya setidaknya sekian persen. Oiya, Selain itu pastikan prosesor Intel yang digunakan berkode MQ atau HQ. Contoh Intel® Core™ i7 6700HQ. Jangan dipaksakan untuk memakai processor berkode U untuk digunakan bermain game, karena prosesor berkode U biasanya digunakan untuk hal-hal ringan saja. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kecepatan prosesor (GHz). Semakin tinggi angka GHz, maka akan semakin baik.

2. VGA (Video Graphic Adapter/ Kartu Grafis)

Tips Memilih Spesifikasi Laptop Gaming Secara Benar

VGA ini merupakan komponen paling penting nomor dua setelah processor. Mengapa demikian? Ya, karena VGA sangat mempengaruhi tampilan dan kualitas game pada saat kita mainkan. Karena game saat ini biasanya memiliki tampilan yang menggunakan resolusi tinggi sampai ada yang sudah menggunakan tampilan Ultra.

Minimun VGA yang dibutuhkan dalam laptop gaming adalah Nvidia GT840. Disarankan memilih Nvidia GTX Series, seperti GTX950, GTX960, GTX970 atau GTX980. Sedangkan untuk VGA AMD, kamu bisa mencoba R7 230 ke atas atau R9 Series.

Ingat!!! Jangan pernah mengandalkan VGA onboard. VGA jenis ini tidak akan mampu menampilkan grafis berkualitas tinggi. Kemudian perlu Anda ingat-ingat kembali bahwa hal yang penting dalam sebuah VGA adalah kualitas dari chipset-nya. Jadi semua itu akan menjamin tampilan gambar lebih jelas dan halus. Kapasitas memori pada VGA pengaruhnya kurang signifikan dalam memunculkan gambar bergrafis tinggi.

3. RAM (Random Access Memory)

Komponen yang harus diperhatikan lagi adalah pada bagian RAM. Karena komponen ini berfungsi untuk menyimpan data sementara pada saat Anda bermain game. Jadi kesimpulanya, jika semakin besar kapasitas sebuah RAM yang Anda gunakan, maka akan semakin bagus dan dijamin kelancaran disaat bermain game.

Lalu, Berapa Kapasitas RAM yang Diperlukan?

Jadi, kapasitas RAM tinggal disesuaikan saja sama game yang ingin Anda mainkan. Misal nih Anda ingin bermain game yang ringan saja misalkan PES 6, jadi Anda cukup menggunakan minimal RAM 2 GB untuk bermain dengan lancar. Kemudian untuk game yang menengah hingga berat, gunakanlah RAM minimal 4 GB bahkan lebih bagus lebih dari itu, yaitu 8 GB misal atau 16 GB juga lebih bagus, hehehe.

Tips Memilih Spesifikasi Laptop Gaming Secara Benar
image by : www.pugetsystems.com

Kemudian untuk tipe RAM yang digunakan usahakan minimal DDR3. Akan lebih baik jika sudah menggunakan DDR4, dan lebih baik lagi jika laptop tersebut memiliki slot RAM lebih dari satu, untuk mempermudah Anda jika kemudian hari ingin meng-upgrade kapasitas RAM. Jadi Anda harus pandai-pandai dalam memlilih RAM, karena sangat berpengaruh sekali dalam spesifikasi laptop gaming.

4. HARDDISK/ Media Penyimpanan

Komponen penting selanjutnya adalah media penyimpanan atau yang biasa disebut HDD. Loh, bukanya tadi sudah ada memory RAM? Ya, benar tetapi fungsi antara RAM dan Harddisk sangatlah beda jauh. Jadi, RAM itu untuk menyimpan data sementara, jika HDD bisa menyimpan data dengan waktu yang lama. Jadi pastikan HDD yang dimiliki cukup besar dan usahakan minimal 1TB. Mengapa demikian? Karena game-game saat ini butuh ruang yang besar untuk meng-install maupun menyimpan datanya.

Tips Memilih Spesifikasi Laptop Gaming Secara Benar
image by : hargagrosirkomputer.com

Kemudian perhatikan juga pada kecepatan yang dimiliki oleh HDD tersebut ya. Untuk kecepatan carilah HDD dengan minimal 5400 RPM. Kecepatan membaca data ini akan membantu saat proses loading game yang Anda mainkan. Jadi, semakin tinggi kecepatannya maka semakin cepat memproses sebuah game untuk dimainkan. Selain HDD, laptop terbaru pada saat ini juga sudah menggunakan yang namanya Solid State Drive (SSD). Jenis ini punya kemampuan 2 kali lipat HDD. Namun umumnya kapasitas yang disediakan lebih kecil dari kapasitas HDD.

5. Baterai

Tips Memilih Spesifikasi Laptop Gaming Secara Benar

Wahai bagi Anda para maniah game, saya yakin penggunaan laptop dalam bermain game bisa lebih dari 5-6 jam, dan pada umumnya baterai laptop hanya bertahan 2-3 jam saja jika digunakan untuk bermain game, apalagi game berat. Maka dari itu pada saat membeli laptop, pilihlah kapasitas daya yang cukup besar. Perlu Anda ketahui, bahwa baterai laptop saat ini juga dibedakan menjadi dua, removable (bisa dilepas) dan non-removable (tidak bisa dilepas). Jadi lebih baik Anda saya sarankan untuk memilih laptop dengan baterai yang mudah dilepas, agar mudah menggantinya saat baterai sudah rusak tanpa harus modar-mandir ke service center.

Ingat!!! Mencabut baterai laptop saat sedang dimainkan bukanlah hal yang cukup baik untuk dilakukan. Hal ini akan merusak motherboard laptop jika terjadi mati listrik secara tiba-tiba.

6. Resolusi Layar

Tips Memilih Spesifikasi Laptop Gaming Secara Benar
image by : winpoin.com

Resolusi layar yang harus dimiliki minimal adalah FHD 1920×1080. Meski demikian, dengan resolusi 1366 x 768 piksel pun sebenarnya sudah mencukupi untuk bermain game berat sekalipun. Tapi dengan resolusi yang tidak full HD maka detail grafis yang ada di dalam game tidak akan muncul dengan sempurna. Sedangkan untuk ukuran layarnya minimal 15.6 inch, tetapi jika ingin lebih baik dan jelas Anda bisa pakai ukuran 17.3 inci. Jadi, Semakin besarnya resolusi layar dan ukuran layar tentu bermain game akan menjadi lebih maksimal, tetapi hal ini juga berhubungan dengan kualitas VGA yang digunakan loh. Jadi spesifikasi laptop gaming harus memadai di masalah resolusi layarnya.

7. Keyboard

Tips Memilih Spesifikasi Laptop Gaming Secara Benar
image by : rackcdn.com

Demi kenyamanan dalam bermain game, maka carilah laptop dengan tombol keyboard yang cukup empuk supaya nanti jari Anda tidak mudah lelah pada saat bermain game. Keyboard laptop gaming saat ini sudah dilengkapi backlight, hal ini mempermudah para gamers untuk menekan keyboard saat keadaan gelap. Tetapi patikan juga diri Anda untuk memilih laptop gaming yang memiliki Numpad untuk memudahkan pengetikan angka-angka secara cepat. Kecuali jika Anda ingin menggunakan keyboard eksternal, tidak harus memilih yang seperti diatas.

8. Port

Tips Memilih Spesifikasi Laptop Gaming Secara Benar

Kemudian jangn lupakan untuk memperhatikan port pada bagian samping laptop. Meski terlihat sepele, port yang disediakan laptop ternyata bisa menjadi penting bagi para gamer. Setidaknya laptop Anda harus menyediakan 3 port USB 3.0 dan 1 port HDMI. Jadi, port USB berguna ketika ada perangkat lain, seperti joystick, yang harus dihubungkan ke laptop. Sementara port HDMI bakal terpakai ketika ingin menghubungkan ke layar monitor yang lebih besar. Jadi jika Anda menyukai nuansa yang nyata silahkan perhatikan pada bagian portnya. Karena tidak hanya bisa dihubungkan ke monitor PC saja, tetapi juga bisa disambungkan ke televisi yang sudah menyediakan port untuk HDMI.

9. Audio

Tips Memilih Spesifikasi Laptop Gaming Secara Benar
image by : jabar.pojoksatu.id

Saya yakin banyak para gamer lebih senang memakai headphone daripada speaker yang tersedia di laptop. Tetapi bukan berarti Anda terus melupakan audio yang ada pada laptop. Jadi, Anda juga harus memperhatikan kualitas suara pada laptop gaming yang Anda inginkan. Karena pada contoh ya di seri laptop gaming Asus ROG, biasanya sudah disematkan software Republic of Gamers Audio Wizard yang bisa digunakan untuk mengubah kualitas suara sesuai kebutuhan para gamers.

10. Harga dan Garansi

Asus center

Kemudian hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah harga. Untuk mendapatkan laptop gaming berkualitas, tentusaja harga yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Laptop gaming terbaik bisa Anda beli dengan harga mulai dari 10 jutaan. Jika Anda takut salah pilih, saya merekomendasikan vendor yang menyediakan laptop gaming dengan harga yang memadai dengan spesifikasinya. Seperti : Acer Predator, Asus Republic of Gamers, Dell Alienware, HP Omen, Lenovo Y Series, MSI Gaming G Series, Xenom : Phoenix, Shiva, Pegasus, Siren, Hercules.

Kemudian jangan lupa untuk masalah garansi ya. Sebuah laptop gaming terbaik haruslah punya garansi yang masuk akal. Minimal satu tahun garansi spareparts dan service. Beberapa merek laptop gaming dengan spesifikasi tinggi bahkan berani memberi garansi hingga 2 tahun.

Karena Apa? Jadi, karena garansi ini sangat penting ketika dimana laptop Anda tiba-tiba mengalami masalah. Anda pun tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk melakukan pergantian spareparts maupun jasa service. Dengan catatan, selama laptop yang Anda beli masih berada dalam masa garansi. Jadi lumayan banget ya, soalnya jika maniak game sekali pasti akan bermain tidak beraturan dan mungkin lupa waktu, hehehe.

Demikianlah tips memilih spesifikasi laptop gaming yang bisa saya bagikan kepada Anda semua. Semoga dengan adanya tips ini dapat membantu Anda semua dalam memilih laptop gaming yang tepat. Jika ini bermanfaat jangan lupa untuk share ke teman-teman Anda, dan jika ada pertanyaan silahkan ajukan di kolom komentar.

Recommended For You

About the Author: Admin

Jika Anda adalah seorang blogger juga atau webmaster sekalipun agar tetap ingat pada tujuan utama Anda. Ingatlah! Bukan karena pagerank blog, bukan juga berapa banyak penghasilan yang Anda peroleh dari blog. Tetapi seberapa bermanfaat informasi yang telah dibagikan di blog Anda bagi pengunjung itu adalah tujuan yang baik. Insyaallah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *