Kesan Pertama Menggunakan HP Xiaomi Redmi 3S (Review)

MATATEKNOLOGI.COM – Xiaomi akhirnya menjual ponsel 4G secara resmi di Indonesia dan juga di produksi di Batam, Indonesia. Sebuah ponsel yang mereka rilis pertama adalah Xiaomi Redmi 3s, dan dibandrol sangat murah dipasaran untuk sekelas hp android. Disitu membuat saya jatuh cinta saat melihat ponsel ini.

Sudah beberapa bulan MataTeknologi menjajal unit ini. Maka dari itu kami ingin mencurahkan kesan yang dirasakan pada saat memakai ponsel Xiaomi Redmi 3s ini. Yang dimana pertama kami rasakan adalah memberikan kinerja yang mulus dan ukuran pun pas sekali di genggaman tangan. Lebih lengkapnya, berikut ini pengalaman singkat KompasTekno saat menjajal Xiaomi Redmi 3S untuk pertama kalinya.

Hardware

Kita mulai berbicara dari segi desain dulu. Ya, body Xiaomi Redmi 3s rasanya hampir mirip dengan Redmi Note 3, tetapi hanya beda di ukuran dan letak kamera saja. Untuk lekukan dan letak tombol masih sama persis.
Untuk Casing ponsel pun sama-sama dibuat dari bahan metal, yang saat memegang ponsel tersebut terasa tetap dingin walaupun digunakan lama. Namun ketika dibandingkan, menggenggam Redmi 3S terasa jauh lebih nyaman dan mantap ketimbang Redmi Note 3. Karena apa? Karena menurut kamu body logam milik Redmi 3S tidak terlalu licin, sedangkan Redmi Note 3 cenderung lebih licin.

Gambar perbandingan redmi note 3 dan redmi 3s
Image by tekno.kompas.com (KANAN : redmi 3s, KIRI : redmi note 3)

Jadi ukuran body Xiaomi Redmi 3s ini sangat pas sekali untuk genggaman tangan Anda semua, karena memiliki ukuran sebesar yakni 5 inchi. Cocok sekali untuk pengguna yang memiliki tangan mungil hehehe. Letak tombol volumer dan lock screen berada di sebelah kanan, sedangkan di tepi kiri terdapat slot untuk meletakkan SIM atau Sdcard. Oiya, jadi Slot yang dimiliki Xiaomi Redmi 3s tersebut merupakan model hybrid, slot kartu SIM kedua menyatu dengan slot MicroSD. Pengguna hanya bisa memilih salah satunya saja, yakni antara memasang kartu SIM kedua dengan ukuran nano, atau memasang memori Micro SD saja. Slot kartu SIM utamanya sendiri berukuran micro. Jadi intinya jika Anda ingin menggunakan Micro SD harus melepas salahsatu kartu yang telah Anda pasang.

review xiaomi redmi 3s
Lubang SIM Card dan Micro SD

Oke, sekarang menuju ke bagian paling atas. Disitu terdapat 3 lubang dengan ukuran yang berbeda. Jadi untuk lubang yang paling besar itu digunakan untuk input jek dari headset ataupun headphone, lalu disitu Anda akan melihat port audio 3,5 milimeter dan sensor cahaya eksternal. Sensor cahaya ini berguna untuk membantu ponsel menyesuaikan terang-gelapnya layar saat berada di dalam atau luar ruangan.

Kemudian dibagian depan terdapat satu buah kamera berukuran 5MP, sudah cocok sekali jika digunakan untuk selfie di tempat dengan cahaya yang cukup. Lalu, disamping adalah standard dari semua ponsel yaitu output suara sambung, yahh untuk telpon ya bukan speaker music.

review xiaomi redmi 3s

review xiaomi redmi 3s
Bagian depan Redmi 3s

Sedangkan di bagian tepi bawah ponsel, terdapat port Micro USB untuk pengisian daya atau memindahkan data, serta lubang mikrofon. Port Micro USB tersebut bisa juga dipakai sebagai USB on-the-go (OTG).

review xiaomi redmi 3s
Bagian bawah Redmi 3s

Terkahir kita menuju kebagian belakang. Disitu terdapat kamera dengan ukuran 13 MP dan didampingi flash untuk tambahan pencahayaan. Selain itu ada juga software efek foro yang menarik untuk dicoba. Misalnya, Lomo untuk memberikan kesan foto seolah dipotret menggunakan kamera Lomography, Rustic untuk membuat nuansa klasik dengan saturasi rendah, atau Vivid untuk menonjolkan berbagai warna dalam foto.

review xiaomi redmi 3s
Tampilan belakang Redmi 3s

Selain efek kreatif tersebut, pengguna Redmi 3S juga bisa menggunakan berbagai mode pemotretan seperti Panorama, Timer, HDR, HHT, Scene, Straighten atau Beautify. Untuk mencoba bokeh ini, cobalah potret objek tertentu dengan jarak lebih kurang 15 cm dari lensa kamera ponsel Xiaomi Redmi 3s.

Selain itu ada hal yang sangat diunggulkan, yaitu sensor sidik jari, atau fingerprint. Itulah yang menjadi andalan Redmi 3s saat ini, jadi untuk masalah keamanan serahkan pada Xiaomi Redmi 3S. Nah, dibagian bawah terdapat lubang speaker yang banyak sekali, dan hasil suaranya cukup kencang dan jernih. Kami akan memberikan beberapa contoh jepretan dari kamera Xiaomi Redmi 3s dibawah ini :

hasil foto xiaomi redmi 3s
Hasil foto kamera depan 5MP (Selfie)
hasil foto xiaomi redmi 3s
Hasil foto kamera utama (13MP)

Hasil foto xiaomi redmi 3s

Hasil foto xiaomi redmi 3s

BACA : HARGA XIAOMI REDMI 3S DAN SPESIFIKASI TERBARU JULI 2017

Software

Xiaomi Redmi 3S sudah menggunakan OS Android 6.0.1 sejak dalam paket penjualannya. Sistem operasi tersebut telah dibalut dengan MiUI versi tebaru, yakni 8.1.4.0 (MALMIDI). Tidak ada aplikasi dari xiaomi di Redmi 3s, dan Saat pertama kali menyalakan ponsel tersebut, hanya ada berbagai aplikasi standar Google, seperti Gmail, aneka varian Google Play, Drive, Photos, dan sebagainya. Tetapi ada juga aplikasi standar Xiaomi, seperti MIUI Forum, Mi Remote, aplikasi keamanan dan pemutar musik.

Baterai

Redmi 3s dibekali baterai berkapasitas 4.100 mAh. Satu kata yang bisa kami ungkapkan; irit. Ya, baterainya bisa tahan seharian tanpa harus takut kehabisan baterai. Jika dipaksakan, baterai tersebut mampu bertahan hingga 2 hari dalam sekali cas. Namun tetap, ketahanan baterai tergantung dari aktivitas masing-masing pengguna. Keuntungan dari baterai berkapasitas besar ini, Anda juga tak perlu membawa powerbank yang membuat kantung celana Anda semakin berat.

Recommended For You

About the Author: Admin

Jika Anda adalah seorang blogger juga atau webmaster sekalipun agar tetap ingat pada tujuan utama Anda. Ingatlah! Bukan karena pagerank blog, bukan juga berapa banyak penghasilan yang Anda peroleh dari blog. Tetapi seberapa bermanfaat informasi yang telah dibagikan di blog Anda bagi pengunjung itu adalah tujuan yang baik. Insyaallah.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *