Kamera Mirrorless Vs DSLR, Mana yang lebih baik?

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas menganai perbandingan kamera, yaitu kamera mirrorless vs dslr. Mungkin bagi Anda para pecinta fotografi secara otomatis memiliki kamera untuk hal tersebut, tetapi sudahkah Anda memilih kamera yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda? Karena jenis kamera memang lumayan banyak, maka tak heran jika para pemula kebingungan dalam memahami dan membeli sebuah kamera. Seperti contohnya ada jenis kamera mirrorless, SLR, DSLR, dan masih banyak lagi lainya. Nah, untuk menghilangkan rasa kebingungan itu, dalam artikel ini akan dibahas tentang perbedaan kamera mirrorless dan dslr. Mengapa yang dibahas hanya itu? Ya, namanya belajar harus bertahap kan. Oke langsung saja simak artikel dibawah ini mengenai perbangingan kamera mirrorless vs dslr.

Kamera Mirrorless Vs DSLR

(Perbedaan Kamera Mirrorless dan Kamera DSLR)

Kamera Mirrorless Vs DSLR

Apa itu Mirrorless?

Kamera Mirrorless Interchangeable-Lens Camera (MILC) atau yang biasa orang sebut kamera mirrorless adalah salah satu kelas sistem kamera digital yang pada akhir0akhir ini mulai melonjak popularitasnya sejak pertama kali dimunculkan di sekitar 2008 lalu. Jadi, Apa sih Kamera Mirrorless itu? Jadi, kamera mirrorless adalah kamera yang mirip DSLR namun tidak memakai cermin. Lah terus DSLR itu apa? Untuk lebih banyak memahami simak terus artikel ini sampai selesai.

Kemudian untuk mirrorless sendiri memiliki beberapak karakteristik, sebagai berikut :

  1. Ukuran kamera yang relatif lebih kecil dan ringkas
  2. Jauh lebih ringan daripada kamera DSLR
  3. Kualitas dan hasil fotonya tidak jauh-jauh berbeda dari kamera DSLR
  4. Memiliki ukuran sensor kelas menengah
  5. Memiliki opsi mengganti lensa

Kamera Mirrorless Vs DSLR

Apa itu DSLR?

DSLR adalah singkatan dari kata Digital Single lens Reflex. DSLR jiga bisa dikatakan sebagai kamera yang memanfaatkan cermin untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder. Apa itu Viewfinder? Jadi, viewfinder adalah suatu lubang kecil yang ada dibelakang kamera tempat dimana Anda nantinya mengintip obyek foto yang akan diambil.

Yang ada di DSLR ini seperti Lensa, Cermin Pantul (reflex mirror), Shutter, Sensor, Layar focusing, Lensa condenser, Pentaprisma, dan Viewfinder.

Kemudian untuk cara Kerja kamera DSLR ini menggunakan Pentaprism atau yang biasa disebut cermin segi lima yang letaknya berada di atas jalur optis melalui lensa. Nah, nanti akan disalurkan ke lempengan film untuk kamera analog atau sensor pada DSLR .

Setelah itu cahaya yang masuk akan dipantulkan ke bagian atas melalui cermin pantul dan setelah itu baru mengenai pentaprism. Kemudian pentaprism akan memantulkan cahaya beberapa kali hingga menyentuk viewinder (pembidik). Saat shuter dilepaskan, kaca akan membuka jalan bagi cahaya supaya bisa masuk langsung mengenai Negative film untuk Analog SLR atau lempengan sensor digital untuk DSLR.

Kamera Mirrorless Vs DSLRKemudian untuk DSLR sendiri memiliki beberapak karakteristik, sebagai berikut :

  1. Bentuk body yang lebih besar dari kamera mirrorless
  2. Untuk masalah lensa bisa diganti dengan banyak jenis lensa
  3. Memiliki jenis body dengan paduan lebih dari 1 warna
  4. Menggunakan Lensa bawaan/ Kit 18-55mm

BACA JUGA : Inilah 7 Tips Membeli Kamera DSLR Bekas

Bagaimana? Sudah mengertikah Anda tentang apa itu kamera mirroless dan apa itu kamera DSLR? Tetap simak terus artikel ini, dan mungkin Anda akan menemukan semua solusi dan perbedaan dibawah ini, karena kita akan bahas lagi Kelebihan dan kekurangan kamera mirrorless maupun kelebihan dan kekurangan kamera DSLR.

Kamera Mirrorless Vs DSLR
kamera mirrorless dan lensa

Kelebihan Kamera Mirrorless

1. Tidak Memiliki Cermin

Kamera Mirrorles ini tidak memiliki cermin yang berayun membuka dan menutup. Hal ini akan menjadikan kamera Mirrorless lebih sunyi daripada DSLR, dan juga dapat meminimalisir terjadinya guncangan dalam pengambilan gambar.

2. Design Minimalis dan Ringan

Kamera mirrorless ini hadir dengan desain yang lebih minimalis dengan bobot yang lebih ringan. Hal ini cocok bagi Anda para traveler atau yang sering mengabadikan momen di setiap perjalanan.

3. Desain Mirip DSLR

Kamera mirrorless mempunyai desain yang mirip dengan kamera DSLR. Hal ini akan menguntunkan bagi Anda, karena body yang lebih kokoh dengan fitur yang tidak kalah hebatnya dengan DSLR.

4. Banyaknya Jenis Aksesoris dan Lensa

Anda nantinya akan diberikan kemudahan dengan adanya aksesoris dan lensa yang beragam pada kemera mirrorless ini. Uniknya lagi, nanti akan disediakan juga dengan adanya adaptor untuk menghubungkan mirrorless dengan lensa yang bukan sejenis.

5. Menggunakan Elektronik View Finder

Elektronik view finder ini memiliki kelebihan besar atas (OVF), seperti memiliki tampilan yang sama antara LCD dan EVF tersebut. Hal tersebut yang akan menjadikan apa yang dilihat pada tampilan LCD adalah apa yang didapatkan pada hasil gambar.

6. Lebih Unggul dalam Merekam

Kamera mirrorless memiliki hasil rekaman yang lebih tajam dibandingkan DSLR, banyak sekali kebenaran yang dirasakan para pengguna kamera mirrorless (termasuk saya sendiri)

BACA JUGA : Review Harga dan Spesifikasi Sony A6000 Terbaru 2017!!!

Kekurangan Kamera Mirrorless

1. Kurang Nyamanya Pegangan yang Ada

Jika menggunakan kamera mirrorless ini mungkin Anda akan sedikit terganggu pada saat pengambilan gambar, karena pegangan dari kamera mirrorless ini tidak senyaman pegangan yang ada pada DSLR. Tentunya hal ini merupakan salahsatu kekurangan atau kelemahan dari kamera mirrorless. Tetapi bisa dikatakan wajar, karena mengingat desain dari kamera mirrorless sendiri yang minimalis.

2. Mode Continious Masih Tergolong Kuno

Mungkin karena kamera mirrorless ini masih menggunakan contrast detect, yang dimana hal tersebut akan dapat menyebabkannya lemah pada saat memotret suatu objek yang bergerak. Mungkin kamera mirrorless ini memang tidak cocok jika dipasangkan dengan lensa yang sudah menggunakan mode continious.

3. Red Dot Patterns

Banyak pengguna kamera mirrorless yang memberikan review buruk pada saat pengambilan gambar yang terkena matahari dengan aperture yang kecil. Hal ini biasanya bisa terjadi mungkin dikarenakan jarak antar part internal pada kamera mirrorlesa ini sangat bedekatan.

Diatas merupakan kelebihan dan kekurangan dari kamera mirrorless. Lalu, bagaimana dengan yang ada pada kamera DSLR? Dibawah ini penjelasanya!

Kamera Mirrorless Vs DSLR
kamera DSLR dan lensa

Kelebihan Kamera DSLR

1. Lebih Fleksibilitas

Keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan kamera DSLR adalah fleksibilitas untuk pertukaran berbagai jenis lensa. Ada banyak sekali macam lensa tersedia dan dapat digunakan dengan kamera digital SLR ini.

2. Mendapatkan Kualitas Gambar Baik

DSLR akan menghasilkan gambar yang lebih baik bahkan jika keduanya memiliki jumlah yang sama mega-pixel nya. Selain itu kamera DSLR juga memiliki kepekaan cahaya yang lebih tinggi.

3. Kinerja yang Baik

Kamera DSLR ini memiliki kinerja lebih baik dalam hal autofocus yang cepat, penundaan rana yang lebih pendek, kapasitas memori lebih besar, dan juga respons yang cepat saat melakukan syuting video berkesinambungan. Tidak hanya itu, kamera DSLR ini juga memiliki fungsi yang baik untuk menentukan titik dalam menembak suatu objek.

4. Gampang dalam Masalah Upgradable

Jika Anda menggunakan DSLR ini mungkin akan awet, hingga dapat digunakan selama bertahun-tahun tanpa mendapatkan ketinggalan trending, karena jika menggunakan DSLR dapat dengan mudah diupgrade, seperti contohnya melakukan upgrade aksesoris.

Kekurangan Kamera DSLR

1. Harga kamera ini bisa dikatakan relatif mahal, jika penggunanya masih tergolong di dalam kelas pemula di dunia fotografi.

2. Ukuran kamera DSLR lebih besar dan lebih berat daripada camdig biasa atau pocket. dan orang yang baru dalam bidang fotografi akan merasa sulit untuk mengoperasikan DSLR secara langsung.

3. Pengoperasian yang lumayan rumit, sehingga akan membuat bingung bagi pemula. Maka dari itu harus diperlukan pengetahuan dala mengoperasikan.

 

Nah, diatas merupakan ulasan yang cukup lengkap untuk membandingkan antara kamera mirrorless dengan kamera DSLR.

Lalu, Kamera Mana yang Anda Sukai? Sudahkan Anda merasa Cocok dengan Pilihan Anda?

Mending beli dslr atau mirrorless ???

Jadi menurut saya, jika misalakan Anda adalah tipe orang yang suka berjelajah atau sorang pelancong ataupun traveler, maka kamera mirrorless adalah pilihan yang cocok untuk Anda gunakan.

Kenapa?

Karena nanti Anda akan dimudahkan dengan adanya ukuran yang minimalis, serta bobot yang tidak terlalu berat untuk dibawa.

Kemudian jika Anda lebih menyukai fotografi, gunakanlah kamera DSLR. Dengan kamera DSLR, Anda akan mendapatkan kualias gambar yang maksimal walaupun di terik matahari sekalipun.

image by. https://cdn.pergidulu.com, http://kamera-gue.web.id, http://www.cameraegg.org, http://media.pricebook.co.id, http://dslrmurah.com

Saya cukupkan dulu artikel kali ini yang membahas tentang kamera mirrorless dan kamera DSLR. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa share dan berkomentarlah untuk menanggapi Kamera Mirrorless Vs DSLR, Mana yang lebih baik? Terimakasih.

Recommended For You

About the Author: Admin

Jika Anda adalah seorang blogger juga atau webmaster sekalipun agar tetap ingat pada tujuan utama Anda. Ingatlah! Bukan karena pagerank blog, bukan juga berapa banyak penghasilan yang Anda peroleh dari blog. Tetapi seberapa bermanfaat informasi yang telah dibagikan di blog Anda bagi pengunjung itu adalah tujuan yang baik. Insyaallah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *