5 Cara Menghemat Baterai Android Secara Baik dan Benar

Cara Menghemat Baterai Android Secara Baik dan Benar – Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi ini informasi tentang cara menghemat baterai hp. Mungkin sebagian besar pengguna hp/ ponsel sering mengeluh karena baterai cepat habis atau boros. Kasus ini terjadi pada kondisi ponsel yang sudah lama digunakan maupun ponsel yang baru dibeli. Nah, maka dari itu tak ada salahnya jika kami ingin berbagi tips kepada Anda tentang bagaimana cara merawat baterai hp baru agar awet dan tidak boros. Karena ini bukan rahasia lagi ya, bahwa sebenarnya ponsel terutama smartphone android itu terkenal dengan kekuatan baterai yang tidak tahan lama, karena pada saat ini semua ponsel selalu tehubung dengan koneksi internet dan sering digunakan multitasking.

Mungkin diantara Anda pengguna ponsel sudah berusaha merawat baterai dengan menggunakan aplikasi penghemat baterai. Sebenarnya aplikasi terbaik semacam itu pun tidak bisa bekerja secara maksimal untuk menghemat baterai hp android Anda.

Apa sebenarnya penyebab terjadinya pemborosan daya baterai?

Sebenarnya banyak sekali faktor yang dapat menguras kekuatan baterai android tersebut. Terutama pada teknologi layar bawaan android seperti AMOLED dan LCD yang bisa dikatakan sebagai faktor terbesar terjadinya pemborosan daya pada baterai di android Anda.

Nah, disini kami akan memberikan beberapa tips cara menghemat baterai android agar tahan lama dengan cara yang baik dan benar. Simak sampai selesai artikel ini agar Anda mendapatkan informasi tentang cara merawat baterai hp baru agar awet ataupun membuat baterai android menjadi tahan lama dan tidak boros.

Inilah 5 Cara Menghemat Baterai Android Secara Baik dan Benar

 

1. Pakailah Wallpaper yang Berwarna Gelap

Cara Menghemat Baterai Android

Jika misalkan Anda memiliki hp android yang menggunakan layar AMOLED (seperti kebanyakan perangkat Samsung), maka kami sarankan kepada Anda untu menggunakan tema latar belakang atau wallpaper yang berwarna gelap.

Cara menghemat baterai android dengan menggunakan wallpaper gelap ini akan memberikan dampak yang baik jika di terapkan pada android yang menggunakan teknologi layar AMOLED, karena pada layar AMOLED itu hanya menerangi bagian layar yang berwarna saja.

Sebenarnya apa sih AMOLED itu?

Jadi AMOLED ini merupakan singkatan dari Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode, yang dimana layar ini dibuat dari bahan organik yang nantinya akan dapat menghasilkan cahaya ketika ada aliran arus listrik.

Dengan menerapkan cara ini Anda akan dapat menghemat sekitar 6% daya baterai/ jam pada 20% brightness dengan menggunakan wallpaper yang gelap/ hitam pada layar AMOLED. Keuntungan lainya yaitu, mata Anda akan tidak cepat merasakan perih saat berlama-lama menatap layar hp Anda.

2. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Cara Menghemat Baterai Android

Cara menghemat baterai android yang kedua adalah dengan mengatur tingkat kecerahan pada layar serendah mungkin selama tidak mengganggu Anda saat menatap layar. Cara ini sangat efekif untuk mengurangi daya baterai yang dipakai untuk menerangi layar.

Karena pada dasarnya jika semakin banyak cahaya yang dipancarkan, maka tentunya akan membutuhkan daya baterai yang tinggi pula. Jadi, kami sarankan jangan menggunakan fitur auto brigtness, karena fitur auto brightness tersebut akan memberikan tingkat kecerahan layar yang lebih dari perkiraan Anda.

Cara menghemat baterai android ini mungkin menjadi alternatif agar bisa menghasilkan tingkat kecerahan yang super rendah dan tentunya masih nyaman untuk mata Anda.

3. Atur Waktu Tidur/ Sleep

Cara Menghemat Baterai Android

Kemudian untuk Cara menghemat baterai android yang ke tiga adalah dengan mengatur waktu tidur pada android Anda. Waktu tidur/ sleep mode yang dimaksud adalah nanti layar akan mati secara otomatis pada saat beberapa detik ponsel tersebut tidak digunakan. Karena semakin lama layar menyala, maka semakin banyak pula daya baterai yang terkuras dan dibutuhkan.

Mungkin Anda dapat mengatur waktu tidur/ sleep mode dengan waktu antara 15-30 detik, itu untuk idealnya. Jangan gunakan waktu yang lama-lama hingga bermenit-menit.

4. Matikan Fitur Auto Rotation

Cara Menghemat Baterai Android

Cara menghemat baterai android yang keempat ini sebenarnya hal yang sepele, tetapi mungkin dapat sedikit membantu dalam menghemat baterai agar tidak boros.

Fitur pintar seperti auto rotation (rotasi otomatis) ini juga membutuhkan daya baterai yang tentunya tidak sedikit.

Memang sih kalau fitur tersebut terasa nyaman di terapkan. Tetapi Anda jangan kaget jika nanti daya baterai tersebut yang di pakai akan terkuras tidak sedikit.

5. Kurangi Widget

Cara Menghemat Baterai Android

Kemudian untuk cara menghemat baterai hp yang terakhir yaitu, kurangi penggunaan widget yang tidak benar-benar Anda butuhkan. Terutama widget yang membutuhkan akses internet atau terhubung ke internet seperti widget cuaca dan sejenisnya.

Kurangi juga peletakan widget pada menu home, seperti sourchut apliasi semacam Twitter, facebook, cuaca, Gmail dan banyak lagi, maka widget tersebut secara tidak sadat akan menguras baterai android Anda. Dengan begitu baterai android yang Anda miliki tidak akan terkuras dengan cepat dan sia-sia.

BACA JUGA : Kesan Pertama Menggunakan HP Xiaomi Redmi 3S (Review)

Nah, diatas merupakan artikel yang membahas tentang cara menghemat baterai android secara baik dan benar. Semoga artikel dengan judul

Recommended For You

About the Author: Admin

Jika Anda adalah seorang blogger juga atau webmaster sekalipun agar tetap ingat pada tujuan utama Anda. Ingatlah! Bukan karena pagerank blog, bukan juga berapa banyak penghasilan yang Anda peroleh dari blog. Tetapi seberapa bermanfaat informasi yang telah dibagikan di blog Anda bagi pengunjung itu adalah tujuan yang baik. Insyaallah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *